Teori Musik

Jual drumband sma – Teori musik merupakan salah satu cabang ilmu yang menjelaskan tentang unsur-unsur musik. Cabang ilmu ini meliputi pengembangan dan penerapan metode analisis dan komposisi musik serta hubungan antara notasi musik dan penyajian musik.

Hal-hal yang dipelajari dalam teori musik antara lain bunyi, nada, notasi ritmik, melodi, padanan musik, harmoni, bentuk musik, teori lagu, dll.

Suara

Teori musik menjelaskan bagaimana suara dicatat atau ditulis dan bagaimana suara itu ditangkap dalam pikiran pendengarnya. Dalam musik, gelombang suara umumnya tidak dibahas dalam istilah panjang gelombang atau periode, melainkan dalam frekuensinya. Dasar-dasar suara dalam musik biasanya dijelaskan dalam istilah nada (bahasa Inggris: nada, yaitu nada), durasi (durasi suara), intensitas, dan timbre (warna suara).

Nada

Suara dapat dibagi menjadi nada-nada yang memiliki nada atau nada tertentu sesuai dengan frekuensi atau menurut jarak relatif dari tinggi nada tersebut dari nada standar. Perbedaan antara dua nada disebut dengan interval. Nada dapat diatur pada skala yang berbeda. Tangga nada yang paling umum adalah tangga nada mayor, tangga nada minor, dan tangga nada pentatonik. Pitch dasar sebuah musik menentukan frekuensi setiap not dalam lagu tersebut. Nada-nada teori musik diatonik Barat diidentifikasi dalam 12 nada yang masing-masing diberi nama yaitu nada C, D, E, F, G, A dan B. nada kromatik yaitu Cis / Des , Dis / Es, Fis / Ges, Gis / As dan Ais / Bes.

Kecepatan

Irama adalah penyesuaian suara dari waktu ke waktu. Batang adalah pembagian waktu menjadi satu kelompok. Tanda ketukan menunjukkan jumlah ketukan dalam hitungan dan nada mana yang dihitung dan dihitung sebagai ketukan. Beberapa catatan dapat ditekankan dengan menekankan (dan memvariasikan durasinya).

Notasi

Notasi musik adalah representasi musik tertulis. Dalam notasi balok, titinada direpresentasikan secara vertikal sedangkan ketukan (ritme) direpresentasikan secara horizontal. Kedua elemen ini membentuk tongkat, selain instruksi untuk nada dasar, tempo, dinamika, dll.

Melodi

Melodi adalah rangkaian nada dari waktu ke waktu. Akor dapat dibunyikan sendiri, tanpa pengiring, atau dapat menjadi bagian dari urutan akor dari waktu ke waktu (biasanya urutan not tertinggi dalam akor).

Melodi terdiri dari serangkaian nada secara horizontal. Unit terkecil dari melodi adalah Pola. Sebuah pola terdiri dari tiga nada atau lebih yang memiliki makna musikal. Kombinasi pola adalah setengah kalimat dan kombinasi setengah kalimat adalah kalimat (kalimat). Melodi yang lebih umum biasanya terdiri dari dua frase setengah, yaitu frase interogatif (Antisiden) dan frase respon (Conséquent).

Harmoni

Harmoni secara umum dapat dianggap sebagai kemunculan dua atau lebih not dengan titinada berbeda yang berbunyi pada saat bersamaan, meskipun harmoni juga dapat terjadi jika not dimainkan secara berurutan (seperti dalam arpeggio). Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dimainkan bersama umumnya disebut akord.

Anda mungkin juga suka...