Pertolongan Pertama Ketika Telinga Kemasukan Serangga

Pertolongan Pertama Ketika Telinga Kemasukan Serangga

Harga dr laser –┬áTelinga adalah salah satu organ paling sensitif di tubuh. Jadi, jika ada benda asing yang masuk ke liang telinga, bisa berakibat fatal. Pasalnya, selain menyumbat telinga, juga menyebabkan iritasi bahkan mengganggu pendengaran untuk sementara waktu. Serangga merupakan salah satu benda asing yang paling sering masuk ke telinga. Jadi, bagaimana Anda menghilangkan serangga dari telinga Anda?

Apa saja gejala yang muncul saat serangga masuk ke telinga?

Jika serangga masih hidup di telinga Anda, dengungan dan gerakan serangga sering kali bisa sangat keras dan menyakitkan. Selain itu, Anda mungkin juga mengalami gejala berikut ini:

  • Sakit telinga
  • Ada peradangan
  • Telinga bengkak
  • Iritasi telinga

Mungkin juga peradangan di telinga akhirnya membentuk benjolan berisi nanah yang bisa pecah, membuat telinga tampak mengering. Namun, kondisi ini akan semakin sulit dideteksi jika terjadi pada anak-anak.

Apa tindakan pertolongan pertama saat serangga memasuki telinga?

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama saat serangga masuk ke telinga Anda.

1. Jangan panik

Kunci untuk menghilangkan serangga dari telinga Anda adalah ketenangan. Reaksi Anda terhadap dampak merasakan benda asing masuk ke telinga Anda adalah hal yang wajar. Ini karena serangga sering mengeluarkan suara mencicit atau mendengung dan mungkin disertai dengan kesemutan di liang telinga.

Pastikan Anda tetap tenang dan tidak panik agar tidak melakukan gerakan berlebihan yang bisa menyebabkan serangga masuk lebih dalam ke liang telinga bagian dalam.

2. Jangan meletakkan jari atau benda lain di telinga.

Biasanya, saat serangga masuk ke telinga, orang secara refleks mencoba menggali atau menangkap serangga itu dengan tangan. Namun, untuk menghilangkan serangga dari telinga, jangan pernah memasukkan benda seperti penjepit atau penyeka kapas ke dalam telinga.

Memasukkan jari atau benda akan mendorong serangga lebih jauh dan dapat menyengatnya, sehingga merusak lapisan telinga atau gendang telinga.

3. Miringkan kepala Anda

Dikutip dari US National Library of Medicine, ketika seekor serangga masuk ke dalam telinga, ia langsung memiringkan kepalanya menjauh dari sisi telinga tempat serangga itu masuk. Jadi jika serangga masuk melalui telinga kiri, miringkan telinga yang serangga masuk ke atas.

4. Taruh minyak di telinga

Masih dengan kepala dimiringkan, turunkan telinga dengan air hangat atau minyak non-iritasi, seperti baby oil, minyak mineral, atau minyak zaitun. Setelah itu, tarik sedikit cuping telinga untuk mengeluarkan gelembung udara di dalam telinga selama beberapa detik.

Namun, pastikan untuk tidak berlebihan saat memasukkan cairan ke dalam telinga Anda. Cairan yang dimasukkan ke dalam lubang telinga berfungsi untuk membunuh serangga yang masuk, sehingga akan lebih mudah dikeluarkan.

5. Singkirkan serangga dari telinga

Setelah itu, miringkan kepala Anda ke sisi yang berlawanan (telinga yang dimasuki serangga diposisikan ke bawah) untuk mengeluarkan minyak dan air dari telinga. Kemudian perhatikan baik-baik serangga yang keluar dari liang telinga Anda.

Jika belum utuh, ulangi langkah di atas hingga semua bagian serangga keluar dari telinga. Setelah serangga keluar dari telinga, ingatlah untuk membersihkan telinga dengan air hangat. Hal ini penting untuk menghindari tanda-tanda perdarahan dan mengurangi risiko infeksi telinga.

Kapan harus pergi ke dokter?

Jika Anda masih tidak dapat memperbaiki bug tersebut, jangan dipaksakan. Berikut gejala yang harus diwaspadai:

  • Sakit luar biasa di telinga
  • Telinganya meradang dan bahkan bengkak.
  • Kesulitan mendengar

Jika Anda mengalami salah satu gejala yang dijelaskan Debrarealtor di atas, periksakan telinga Anda ke dokter terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Ingat! Anda tidak boleh melakukan apa pun selain yang dijelaskan di atas karena dapat merusak pendengaran Anda.